Selamat Datang

Selamat Datang di Blog Desa KKN UTM Kelompok 82 Desa Manding Timur, Kec. Manding, Kab. Sumenep

Wednesday, August 3, 2016

Sejarah Desa



Babat desa erat sekali dengan babat kabupaten, dengan kerajaan/negeri. Untuk itu dalam menulis babat Desa khususnya desa Manding Timur juga perlu mempelajari babat sumenep.

Sejarah Desa sering kali tertuang dalam dongeng-dongeng yang diwariskan secara turun temurun dari mulut kemulut hingga  sulit untuk dibuktikan kebenarannya dan tidak jarang dihubungkan dengan kejadian-kejadian pada masa lalu, seperti halnya Desa Manding Timur, menurut cerita, Desa Manding Timur pertama kalinya adalah ketika terjadi sebuah pertempuran banyak orang yang lari-lari kecil kalau bahasanya maduranya adalah (Ngending). 
Mungkin dari kebiasaan itulah dinamakan Desa Manding, sementara kata Timur terdiri dari lima Dusun yaitu Dusun Pangtinggi, Dusun Manding, Dusun Mandapan, Dusun Regis, dan Dusun Guwa. Dusun Pangtinggi dinamakan Pangtinggi karena ditengah-tengah ada sebuah pohon Kalopang yang sangat tinggi sedangkan Dusun Mandapan pertama kalinya ada seorang kyai yang sangat disegani oleh masyarakat sekitar, beliau mempunyai seorang murid yang buta kemudian sang kyai memberi sebuah tongkat kepada ssang murid dan berkata, dimanapun engkau bertemu dengan yang  kekurangan air, maka tancapkanlah tongkat itu. Singkat cerita murid tersebut sampailah di suatu kampung yang kebetulan kampung tersebut tidak ada air dan murid yang buta menancapkan tongkatnya dengan izin yang Maha Kuasa keluarlah mata air yang sangat jernih, dan ditempat itu juga tumbuh dua pohon aren yang tingginya tidak sama, yang satu tinggi dan yang satu pendek, kalau bahasa  Maduranya (Amandapan salaj), maka disebutkanlah kampung tersebut dengan sebutan Mandapan.

No comments:

Post a Comment